Minggu, 06 Maret 2011

Anomali Pertumbuhan Ekonomi

Tahun 2008, ketika sebagian besar negara Asia Tenggara mengalami pertumbuhan ekonomi negatif, Indonesia dan Vietnam tetap mampu mempertahankan pertumbuhan positif. Setelah membaca sekilas tentang Vietnam di CIA The World Fact Book, aku baru sadar bahwa perekonomian Vietnam memiliki banyak kemiripan dengan perekonomian Indonesia.

Perkonomian di Vietnam memiliki basis pada sektor informal yang sangat kuat, sama seperti di Indonesia yang juga bertulang punggung pada sektor informal alias kelompok kaum marginal. Saat ini, di tengah ancaman inflasi global, China kelihatan tenang-tenang saja dan para analis ekonomi dunia pun menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi China tidak hanya didukung oleh export. Pertumbuhan China juga didukung oleh perekonomian dari sektor informal alias kaum marginal! Makanya untuk mempertahankan pertumbuhan, pemerintah China menaikkan gaji pegawai dan buruh demi menyelamatkan perekonomian marginal.

Indikasi bahwa perekonomian didukung oleh kaum marginal dapat dilihat dari komponen pertumbuhan ekonomi yaitu komponen Belanja Rumah Tangga. Adakah kebijakan pemerintah yang langsung menyentuh kaum marginal? Ada! Yaitu "penggusuran".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar